Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional

Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional - Pada setiap negara, baik negara maju maupun negara berkembang, pengangguran merupakan suatu permasalahan yang dapat mengganggu pembangunan. Dampak buruk pengangguran bagi laju pembangunan ekonomi,antara lain sebagai berikut : 

Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional


Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional

1. Penurunan Tingkat Produktivitas

Pada dasarnya, para penganggur telah menyia-nyiakan potensi yang dimilikinya. Potensi yang ada seharusnya dapat digunakan untuk menghasilkan sesuatu sehingga dapat menyumbang produksi nasional. Mereka yang berstatus penganggur seharusnya dapat memberikan sumbangan lebih besar lagi seandainya dapat menggunakan potensinya secara penuh.

Baca juga : Jenis-jenis pengangguran Beserta sebab dan contohnya

Pengangguran berdampak langsung pada kegiatan produksi nasional. Para penganggur mempunyai produktivitas (kemampuan untuk menghasilkan barang/jasa) mendekati nol. Oleh karena itu, semakin banyak pengangguran maka produktivitas nasional dari tenaga kerja ikut menurun.

Produktivitas rendah yang dimiliki oleh para penganggur berakibat penghasilan yang diterima masyarakat juga rendah. Rendahnya penghasilan yang diterima masyarakat mengakibatkan rendahnya konsumsi masyarakat atas barang dan jasa. Hal tersebut juga mengakibatkan penurunan pendapatan nasional.


2. Distribusi Pendapatan Nasional Kurang Merata

Semakin tinggi tingkat pengangguran maka akan menyebabkan semakin tidak meratanya pembagian pendapatan nasional, akibat lebih lanjut adalah semakin tajamnya kesenjangan sosial. Dalam pegertian ini, sebagian besar pendapatannya hanya dinikmati oleh sekelompok masyarakat golongan atas/kaya, sedangkan sebagian kecil dari pendapatan nasional dinikmati oleh sebagian besar masyarakat golongan bawah/miskin.


3. Penurunan Penerimaan Negara

Sumber penerimaan negara dari sektor nonmigas yang cukup besar berasal dari pajak. Pajak dipungut atas perorangan dan badan usaha, Apabila penghasilan yang diterima masyrakat rendah serta jumlah barang dan jasa serta laba yang dihasilkan badan usaha rendah sebagai akibat tingginya pengangguran akan mengakibatkan penerimaan negara dari sektor pajak juga rendah.

Di indonesia, penurunan atas penerimaan pajak akan berpengaruh secara signifikan terhadap penerimaan negara secara keseluruhan. Penerimaan negara yang turun mengakibatkan jumlah anggaran untuk pengeluaran rutin dan pembangunan juga akan turun. Hal tersebut akan menghambat program pembangunan nasional.


4. Biaya Sosial

Banyak biaya yang harus ditanggung masyarakat dan pemerintah dengan angka pengangguran yang begitu tinggi, biaya sosial yang biasanya ditanggung masyarakat dengan pengangguran yang tinggi berkaitan dengan angka kejahatan dan biaya sosial yang ditanggung pemerintah berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan.

Pada beberapa waktu yang lalu seperti yang kita ketahui, Indonesia sedang dilanda krisis ekonmi yang mengakibatkan terjadinya ledakan angka pengangguran. Pada saat itu pemerintah melaksanakan program jaring pengaman sosial dengan mengadakan proyek-proyek padat karya yang bertujuan mengurangi dampak sosial akibat ledakan pengangguran.

Proyek jaring pengaman sosial yang diadakan pemerintah tersebut tentu memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu, dana yang seharusnya dapat digunakan untuk melaksanakan pembangunan justru dialihkan untuk melaksanakan program tersebut.  

Belum ada Komentar untuk "Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel