IPAvsIPS (Alasan saya memilih jurusan IPS)

Alasan saya memilih jurusan IPS- Setelah hampir setahun lebih kami belajar tanpa jurusan yang dipaksa untuk menguasai semua mata pelajaran yang ada membuat saya sangat bosan belajar dikarenakan tidak sesuai dengan minat saya, hingga tiba lah hari dimana kami menentukan salah satu keputusan terbesar dalam hidup kami yaitu Memilih Jurusan di SMA/MA.


IPAvsIPS (Alasan saya memilih jurusan IPS)



Dari gambar diatas mungkin anda sebagian sudah dapat menyimpulkan makna dari gambar tersebut, seperti kita ketahui masyarakat indonesia masih banyak beranggapan bahwa Jurusan IPA adalah sekumpulan anak pilihan yang mampu menguasai hampir setiap mata pelajaran, sedangkan IPS adalah adalah sekumpulan dan anak nakal yang ingin masuk IPA tetapi nilai mereka tidak cukup untuk masuk jurusan tersebut, Sehingga mereka seringkali dicap sebagai anak bodoh atau anak tiri. Pada saat penjurusan saya melihat banyak sekali orang yang ingin masuk IPA tetapi nama mereka justru ada di jurusan IPS, Tidak sedikit yang saya lihat yang ingin pindah ke IPA sampai ada menangis karena tidak ingin masuk jurusan IPS, Sehingga saya bertanya dengan diri saya sendiri, Ada apa dengan IPS? Sehingga jurusan tersebut seperti kurang diminati dan jurusan yang terpaksa mereka ambil karena tidak bisa masuk dengan jurusan yang mereka inginkan.Baiklah berikut alasan saya lebih memilih jurusan IPS ketimbang IPA?


Alasan saya memilih jurusan IPS


1. Karena Minat saya IPS
Coba kita pikirkan terlebih dahulu jika kita melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak atau keinginan kita mungkin kita akan mengerjakannya namun hati kecil kita menolak menerimanya sehingga kita akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Begitu juga dengan memilih jurusan, Saya pikir jika saya masuk kejurusan yang kurang saya minati mungkin saya akan Stres karena melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Melakukan hal yang tidak kita inginkan itu sangat membosankan dan bisa saja karena bosan saya akan bermalas-malasan belajar yang akan membuat saya semakin sulit mengejar cita-cita saya.

2. Kurang Menyenangi hitung-hitungan
Mungkin jika ada pertanyaan : "Pelajaran apa yang kalian tidak senangi?" Saya akan menjawab dengan lantang : Fisika,Kimia,Matematika. Ya mungkin saya kurang dalam urusan hitungan dan rumus-rumus, Sebenarnya kalau untuk menghafal rumus saya bisa tetapi untuk menyelesaikan soalnya saya terkadang lupa dan saya malas mengerjakannya, Mungkin karena saya sangat tidak menyenangi yang namanya hitung-hitungan. Jadi oleh karena itu saya lebih memilih jurusan IPS ketimbang IPA. Memang sebenarnya dijurusan IPS kita pun masih harus berhadapan dengan hitungan juga di pelajaran Ekonomi tetapi dalam pelajaran ekonomi akuntansi yang kita hitung itu tentang masalah keperluan dalam kehidupan sehingga membuat saya lebih tertarik.

Baca Juga :  Tips Membangunkan kembali semangat belajar

3. Basic saya lebih cenderung ke IPS
Alasan memilih jurusan IPS, karena basic saya lebih kebidang ilmu sosial dan punya basic entrepreneur (pengusaha). Menurut saya ilmu sosial itu sangat menyenangkan. Dulu guru sosiologi kami pernah mengajarkan beberapa tes psikologi dan yang paling saya ingat adalah kami diajarkan cara membaca karakter orang itu yang menyukai diri kita atau tidak, Sungguh itu sangat bermanfaat untuk saya. *eaaaa. Semenjak saat itu saya pun menyenangi ilmu sosial dan menekuninya.

Itulah beberapa alasan saya memilih jurusan IPS ketimbang IPA, Mungkin anda berpikir saya dapat berkata seperti itu karena saya tidak mampu belajar untuk di jurusan IPA. Yaps Anda betul, Bahkan jika saya mampu saya juga tidak menginginkan jurusan tersebut karena seperti saya bilang tadi Minat saya ke IPS bukan IPA. Seperti yang kita ketahui manusia memiliki otak kiri dan otak kanan. Biasanya anak IPS cenderung berpikir dengan otak kanan sedangkan anak IPA sering menggunakan Otak kiri, Menurut para ahli otak kiri  cenderung digunakan untuk menghitung, logika yang berurutan. Adapun otak kanan yang logika nya tidak berurutan tetapi melompat-lompat, dan cenderung memiliki ide-ide yang kreatif dan memiliki kontrol emosi yang baik. Jadi pada intinya basic IPA dan IPS itu beda oleh karena itu saya minta dengan anda yang membaca artikel ini tidak lagi membanding-bandingkan IPA dan IPS. Karena basic kita berbeda. Seorang ahli dalam bidang Ilmu alam belum tentu dapat pandai dibidang sosial, begitu juga dengan orang yang pandai dibidang ilmu sosial belum tentu pandai dalam bidang ilmu Alam, Jadi STOP beranggapan bahwa IPS itu dibawah IPA, atau sekumpulan anak bodoh dan nakal. Jadi menurut saya IPA dan IPS itu seharusnya Seperti ini :

IPAvsIPS (Alasan saya memilih jurusan IPS)



Demikianlah tulisan saya kali ini. Semoga dapat membantu anda. Dan untuk anda yang masuk IPS tetapi ingin masuk IPA jangan bersedih, Karena didunia ini tidak ada ilmu yang paling hebat Dan Jurusan IPS tidak seburuk yang kalian bayangkan.kesimpulannya apapun jurusan yang anda pilih sekarang itu sama pentingnya.Karena IPA dan IPS itu saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain.

3 Komentar untuk "IPAvsIPS (Alasan saya memilih jurusan IPS)"

  1. Saya dari ipa malah ingin pindah ke ips,meskipun ipa iiterima dan urutan ke 14 dari 144 murid,tapi basic saya cenderung keips,itulah mengapa saya ingin ke ips,semoga saya bisa menjalankan jurusan sesuai minat😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau nanya, nanti pas kita mau masuk sma, ada tesnya gitu buat nentuin kita masuk ips atau ipa gitu ga kak? atau bisa miih sendiri gak? Makasih, itu aja.

      Hapus
  2. Sya mau masuk jurusan IPS dan guru pun bertanya ap alasannya kamu milih jurusan IPS

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel