Jenis Produk dalam Bursa Efek dan Teknik Perdagangan Bursa efek

Jenis Produk dalam Bursa Efek dan Teknik Perdagangan Bursa efek - Jika pada artikel sebelumnya penulis membahas tentang Pengertian,sejarah dan perserta pasar modal maka pada kali ini penulis akan kembali membahas tentang bab tentang Bursa Efek Indonesia, yaitu Jenis produk yang diperdagangkan dalam bursa efek serta Teknik perdagangan bursa efek.

Jenis Produk dalam Bursa Efek dan Teknik Perdagangan Bursa efek

Jenis Produk dalam Bursa Efek

Bursa efek merupakan tempat diperjualbelikan dana jangka panjang. Dana-dana yang diperjualbelikan tersebut mewakili dalam sertifikat atau surat berharga. Oleh karena itu, ada beberapa jenis produk surat berharga yang diperjualbelikan di bursa efek, yaitu :
   
1. Saham
Saham adalah bukti penyertaan modal dalam suatu perusahaan yang berbentuk persoran terbatas (PT). Pemegang saham merupakan peserta pemilik perusahaan yang berhak atas laba sebesar persentase penyertaan modalnya. Tanggung jawab pemegang saham atas utang-utang perusahaan terbatas pasar modal yang diserahkannya. Setiap pemegang saham memiliki hak suara, memperoleh bagian laba atau dividen, membeli saham yang baru diterbitkan perusahaan sesuai dengan saham yang telah dimiliki, serta memperoleh bagian harta jika perusahaan dinyatakan bangkut atau ditutup.

Ada dua nilai yang terdapat dalam saham, yaitu nilai nominal dan kurs. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum dalam lembaran saham, Sedangkan Nilai Kurs adalah nilai yang benar-benar dibayarkan para pemegang saham saat membeli saham. Nilai kurs dapat lebih tinggi ataupun lebih rendah daripada nilai nominalnya, tergantung pada perkembangan perusahaan yang mengeluarkan saham. Apabila saham dijual diatas dinilai nominal, kelebihan di atas nilai nominal disebut premium atau agio, sedangkan jika saham dijual dibawah nilai nominal maka kekurangan tersebut disebut diskonto atau diagio.

Apabila ditinjau dari segi penerbitannya, saham dapat dibedakan menjadi dua, yaitu saham atas nama dan atas unjuk. Saham atas nama adalah saham yang di terbitkan dengan mencantumkan nama pemegangnya dalam lembar saham sedangkan Saham atas unjuk adalah saham yang diterbitkan tanpa mencantumkan nama pemegangnya pada lembar saham dan lembar saham tersebut dapat diperjual belikan.

Apabila ditinjau dari segi hak yang memilikinya, saham dibagi menjadi dua, yaitu saham preferen dan biasa.  Saham preferen adalah saham yang memiliki hak istimewa untuk didahulukan dalam pembagian dividen dengan persentase tetap. Saham preferen ada yang bersifat kumulatif dan nonkumulatif. Kumulatif artinya apabila perusahaan pada tahun berjalan tidak memperoleh laba, dividennya akan diperhitungkan dan diterima pada tahun berikutnya, sedangkan pada nonkumulatif tidak diperhitungkan. Saham biasa adalah saham yang memberikan hak suara dan bagian atas laba dengan jumlah yang berubah-ubah kepada pemegangnya.

2. Obligasi
Obligasi adalah surat berharga yang memiliki nominal dan memberikan hak kepada pemegangnya untuk menerima bunga. Bunga obligasi dihitung berdasarkan suatu persentase tertentu atas nilai nominal dan dibayarkan secara teratur sampai penerbit melunasi utangnya pada saat jatuh tempo. Penerbitan obligasi merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan ataupun pemerintah dalam mendapatkan dana dari masyarakat.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan penerbitan obligasi, baik bagi pihak penerbit maupun pemegang atau pembelinya. Keuntungan yang dapat diperoleh pihak penerbit, antara lain sebagai berikut :
a.  Penerbitan obligasi merupakan salah satu alternatif dalam mendapatkan dana.
b. Penerbitan obligasi dapat menghemat biaya modal karena biasanya bunga obligasi lebih rendah daripada bunga kredit bank dan tingkat dividen dikehendaki pemegang saham.
c.  Bunga obligasi dapat mengurangi pajak yang ditanggung karena dapat dimasukkan sebagai beban perusahaan.
d. Penerbitan obligasi dapat menghindarkan terjadinya perubahan hak suara yang ada di perusahaan.

Adapun keuntungan yang dapat diperoleh para pembeli atau pemegang obligasi, antara lain sebagai berikut :
a. Obligasi memiliki jangka waktu tertentu dalam pelunasannya,sedangkan saham tidak.
b. Tingkat bunga obligasi sudah ditetapkan terlebih dahulu, sedangkan saham kecuali saham preferen belum ditetapkan.
c. Besarnya bunga yang diterima pemegang obligasi jumlahnya tetap, sedangkan dividen yang diterima pemegang saham berubah-ubah.
d. Pemegang obligasi berhak menerima pelunasan terlebih dahulu jika dibandingkan dengan pemegang saham.

Ada beberapa jenis obligasi yang dapat diperjualbelikan dipasar surat berharga, antara lain :
a. Obligasi dengan jaminan harta kekayaan (mortage bonds). Harta yang dapat dijaminkan adalah harta tak bergerak, misalnya tanah dan bangunan.
b. Obligasi dengan jaminan portofolio (collateral trust bonds). Obligasi jenis ini menjamin pelunasan kepada pemegangnya dengan surat-surat berharga yang dimilikinya.
c. Obligasi dengan jaminan peralatan (equipment bonds). Obligasi seperti ini biasanya diterbitkan oleh perusahaan yang memiliki peralatan-peralatan yang bernilai tinggi.
d. Obligasi dengan jaminan utang (bonds based on general credit). Obligasi ini tidak dijamin dengan agunan tertentu dan merupakan obligasi tanpa jaminan. Pembeli obligasi hanya menyadarkan kepercayaannya kepada manajemen dan prospek perusahaan.

3. Warrant
Warrant adalah surat berharga yang diterbitkan perusahaan yang sampai batas waktu tertentu memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham dengan harga tertentu. Harga pembelian saham dengan warrant sering disebut option. Oleh karena itu, Warrant sering disebut pula dengan stock right atau stock option. Warrant juga sering diperdagangkan dipasar surat-surat berharga karena memiliki nilai, antara lain :
a. Harga option untuk pembelian saham yang tercantum dalam warrant mungkin lebih rendah daripada harga pasarnya.
b. Apabila harga saham naik, pemegang warrant akan memperoleh tingkat laba yang lebih besar.
c. Apabila harga saham turun, pemegang warrant menderita kerugian yang lebih kecil.

Suatu perusahaan memiliki beberapa tujuan dalam menerbitkan warrant, antara lain sebagai berikut.
a. Warrant dapat dijual dalam kaitannya dengan penerbitan saham atau obligasi lain agar surat-surat berharga ini lebih menarik bagi pemodal.
b. Dividen bagi para pemegang saham selain diberikan dalam bentuk uang, juga diberikan dalam bentuk warrant. 
c. Bonus atau imbal jasa lain untuk karyawan dapat diberikan dalam bentuk uang ataupun warrant.


Teknik Perdagangan di Bursa Efek

Beberapa teknik perdagangan yang dapat digunakan dalam jual beli surat-surat berharga di pasar modal, antara lain teknik perdagangan tertutup, terbuka , dan terus-menerus.

a. Teknik perdagangan Tertutup
Langkah-langkah yang dilakukan dalam perdagangan surat-surat berharga secara tertutup, antara lain sebagai berikut :
1. Pesanan-pesanan untuk membeli ataupun menjual surat berharga dikumpulkan dalam satu daftar kolektif. Daftar tersebut disusun secara kumulatif menurut kurs yang diminta atau ditawarkan. Pesanan kemudian disampaikan secara rahasia sebelum atau pada waktu pertemuan dimulai kepada pimpinan CallCall adalah seorang petugas bursa yang akan memimpin pertemuan untuk menetapkan kurs yang terjadi pada hari ini.
2. Pimpinan call dan pembantunya mencatat semua pesanan kolektif tersebut dalam satu daftar khusus yang disebut daftar pesanan dan penetapan kurs. Pimpinan call bersama Bapepam menetapkan kurs serta jumlah pembelian ataupun penjualan pada saat transaksi tersebut.
3. Penetapan kurs ditetapkan berdasarkan peredaran tertinggi, apabila terjadi transaksi dengan sisa beli atau jual, pembagiannya dilakukan secara proporsional dengan surat berharga yang diminta atau ditawarkan.

b. Teknik Perdagangan Terbuka
 Pada saat perdagngan terbuka, proses tawar-menawar dimulai dimulai setelah pimpinan call menyebut nama dan catatan terakhir suatu efek perusahaan tertentu dalam daftar kurs resmi. Proses tawar-menawar dilakukan secara lisan oleh para anggota bursa yang menjadi calon penjual atau pembeli sampai terjadi transaksi. Hak untuk membeli ataupun menjual surat berharga diberikan kepada anggota yang terlebih dahulu mengajukan tawaran jual atau beli pada kurs yang bersangkutan.

c. Teknik Perdagangan Terus-menerus
Sistem perdagangan surat berharga yang dilakukan dibursa efek dilakukan secara terus-menerus (continous trading). Proses tawar-menawar tetap dilanjutkan setelah suatu kurs dan transaksi terjadi.

1 Komentar untuk "Jenis Produk dalam Bursa Efek dan Teknik Perdagangan Bursa efek"

  1. aslamu alaikum wr wb..
    bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis
    dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
    sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
    dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
    namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
    hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
    akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 600 juta ,
    saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sememtarah kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anaka-naknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
    demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
    ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
    dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dalam Program Hibah Uang Gaib hidupnya kembali sukses.

    awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir
    dan melihat langsung hasilnya, `
    saya akhirnya bergabung dangan mengunjungi website di www.programhibah.xtgem.com semua petunjuknya saya ikuti dan hanya 1 hari astagfirullahallazim,
    alhamdulilah demi allah dan anak saya,
    akhirnya 5m yang saya minta benar benar ada di tangan saya,
    semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
    kini saya kembali sukses terimaksih saya tidak akan melupakan jasa ini.

    jika kalian ingin seperti saya, yakin dan percaya insya allah,
    saya sudah buktikan kunjungi website www.programhibah.xtgem.com atau KLIK DISINI




















































































































































    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel